Kamis, 30 April 2009

4. Topik atau issu apa dilingkungan TNI AU yang biasa ”dijual” kepada media sehingga kegiatan TNI AU banyak diliput oleh media serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan sehingga TNI AU makin populer ditengah-tengah masyarakat
Topik atau issue yang terdapat di lingkungan TNI AU yang dapat di jual kepada media sehingga kegiatan TNI AU banyak diliput oleh media sebagai upaya yang dapat dilakukan sehingga TNI AU makin populer di masyarakat antara lain :

a. Pameran TNI AU

Seperti yang terjadi di Malang Town Square (Matos), sebuah pusat perbelanjaan yang bertaburan alat-alat perang milik TNI dan Polri. Bukan hanya sekadar senjata, tapi juga amunisi, kendaraan perang, ataupun jenis persenjataan berat lainnya, dipajang. Bahkan panitia sengaja membuat jaring-jaring dan mengihiasi stand pamerannya dengan berbagai daun-daunan, yang diibaratkan sebagai upaya mengelabuhi musuh saat situasi perang. Tak heran jika decak kagum, sering muncul dari pengunjung. Bagaimana tidak, peralatan yang biasanya hanya bisa dilihat di televisi, atau jarak jauh, kemarin bisa dilihat dengan jarak dekat. Sementara di stand TNI AU, lebih banyak memamerkan foto Dirgantara, plus mesin pesawat, yaitu engine turbo zet, dan engine turbo proveler.



Kegiatan Sosial

Angkatan Udara juga aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Dalam operasi militer selain perang, terdiri dari 14 macam. Salah satunya adalah penanggulangan akibat bencana alam. Ini merupakan salah satu tugas TNI. Dengan pemberitaan mengenai kegiatan sosial yang dilakukan TNI AU dalam membantu masyarakat baik ketika terjadinya bencana alam, atau kegiatan sosial lainnya seperti donor darah, pengobatan gratis dan lain-lain akan menimbulkan kesan mendalam bagi masyarakat yang pada akhirnya akan menimbulkan simpatik terhadap keberadaan TNI AU yang selama ini kurang di kenal oleh masyarakat karena pengabdiannya yang kurang kepada masyarakat.

c. Peliputan berita mengenai kegiatan-kegiatan TNI AU

Peliputan berita mengenai acara-acara TNI seperti Sertijab ataupun acara ulang tahun TNI AU yang menampilkan kebolehan para Parajurit TNI AU. Hal ini akan meningkatkan minat masyarakat terhadap keberadaan TNI AU. Pemberitaan eksklusif mengenai kecelakaan pesawat yang akhir-akhir ini marak terjadi juga dapat memberikan rasa simpati masyarakat terhadap TNI AU atas usaha mereka dalam mengatasi masalah tersebut.

5. Demikan Tugas Studi Kepustakaan Komunikasi Massa semoga bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menjadi masukan tentang Media massa yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar